Email : rahayusuci81@yahoo.com MASUK ENTRY BARU EDIT KELUAR

Rabu, 04 September 2013

Museum BANK RAKYAT INDONESIA

Gambar patung R. Wiriaadmadja
Patung R. Wiriaadmadja terletak di Jalan Bank tepatnya sekitar 500 m dari arah Alun-alun Kota Purwokerto atau berseberangan jalan dengan Bank Rakyat Indonesia ( BRI ) Cabang Purwokerto. Museum dapat dikunjungi setaip hari kerja bahkan pada hari Minggu museum buka setengah hari . Museum dikelola oleh petugas Museum yang setiap hari siap memandu pengunjung  yang ingin menyaksikan museum BRI . Patung  R. Wiriadmadja ini menggambarkan simbol pendiri Bank Pertama dan tertua di Indonesia. Bank pertama dan tertua di Indonesia lahir dari seorang tokoh bangsa Indonesia. Pada awal berdirinya Bank ini bertujuan untuk membantu rakyat   dan pengusaha Indonesia  yang mengalami kesulitan dalam dana dalam mengembangkan kegiatan usahanya maupun mengembangkan bidang  perdagangan. Mereka umumnya  pengusaha Indonesia pada waktu itu mengalami kesulitan dalam permodalan .  Bank yang dirintis oleh R. Wiriadmadja merupakan cikal bakal dari berdirinya Bank Rakyat Indonesia ( BRI ). Pada perkembangannya Bank ini berubah nama menjadi Bank Rakyat Indonesia ( BRI ) sampai sekarang.
Museum BRI terdiri dari dua lantai , lantai pertama terdapat patung R. Wiriadmadja yang berada tepat didepan pintu masuk museum. Sebelah Utara terdapat replika gedung Bank yang didirikan oleh R. Wiriadmadja, bagian kanan dan kiri terdapat taman-taman dan beberapa patung-patung.
Memsauki pintu lantai I berisi koleksi tentang uang-uang sejak jaman kerajaan-kerajaan di Indonesia sampai masa penjajahan Belanda, penjajahan Jepang, jaman Kemerdekaan, masa 1945-1949, masa orde lama , masa Orde Baru sampai uang-uang masa sekarang. Disajikan pula bentuk-bentuk celengan ( tempat menyimpan uang jaman dahulu ). Terdapat koleksi pakaian kebesaran dari R. Wiriadmadja. Koleksi yang lain berupa gambaran pasar tempo dulu. Terdapat pula patung-patung dan arca-arca yang lain. Memasuki lantai ke II koleksi berupa surat-surat berharga jaman penjajahan Belanda, alat-alat kantor dan alat hitung dari jaman kuno sampai masa modern. Di ruangan ini juga disajikan cara-cara pengawetan  benda-benda kuno. Nah silahkan mengunjunginya ....

0 komentar:

Posting Komentar